Sunday, March 15, 2015

Kegiatan Online Ini Membutuhkan Kuota Internet Besar

Kegiatan Online Ini Membutuhkan Kuota Internet Besar
Sampai saat ini belum ada provider baik GSM ataupun CDMA yang menyediakan layanan paket data internet unlimited tanpa batas pemakaian dengan kecepatan stabil, jadi kehabisan kuota layanan internet bisa sangat mengganggu kegiatan online, ketika kuota internet habis, meskipun memakai paket unlimited tetap saja akan terjadi penurunan kecepatan yang kadang-kadang membuat kita jengkel.

Untuk menyiasatai supaya tidak kehabisan kuota internet saat sedang online, tidak ada salahnya mengetahui aktifitas atau kegiatan online apa saja yang membutuhkan kuota besar atau bisa menyebabkan kuota internet cepat habis. Berikut ini adalah 5 kegiatan online yang membutuhkan kuota Internet besar.

Nonton atau upload video ke Youtube

Youtube merupakan salah satu situs layanan streaming video yang sering digunakan, karena memudahkan orang menemukan berbagai video baik itu film, musik, tutorial, berita dan sebagainya. Namun perlu diketahui bahwa streaming video merupakan kegiatan online yang membutuhkan kuota internet paling besar. Untuk koneksi standard saja 512 kbps dengan kecepatan minimal 64 KBps/detik x 1 menit saja sudah membutuhkan kuota 3,840 MB, bayangkan jika memakai jaringan 4G? konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit. Mengunggah video ke YouTube juga bisa memakan banyak kuota internet. Rekaman video beresolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan kuota internet sampai 200 MB per menit.

Streaming dan video chatting

Saat ini, ada banyak sekali berbagai situs streaming video online yang memudahkan orang menemukan video film, musik, tayangan live acara televisi atau pertandingan sepakbola contohnya seperti Mivo, UseeTV, iTunes, Vimeo, Hulu dan sebagainya. Meskipun layanan ini kebanyakan gratis namun ingat streaming video sama halnya dengan youtube, bisa menghabiskan kuota internet yang cukup besar. Streaming musik juga sama, layanan streaming musik, seperti Guvera atau Rdio dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit.

Sama halnya dengan steaming, layanan video chatting seperti Skype, FaceTime, Camfrog, Yahoo Messanger dan sejenisnya juga tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Namun, besaran konsumsi tersebut berbeda-beda tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan. Layanan video chat, umumnya membutuhkan bandwidth 3 MB per menit.

Download dan Upload

Kegiatan unduh mengunduh dan unggah mengunggah adalah hal yang paling sering dilakukan saat online. Namun perlu diketahui download juga membutuhkan kuota besar, apalagi jika jenis film, musik, atau file yang di dowload itu berukuran besar seperti game atau software dengan ukuran 2GB ke atas. Untuk aktifitas upload juga bisa memakan kuota besar jika yang diupload itu berupa video seperti yang sudah disebutkan di atas.

Main Game Online

Bermain game online jenis real-time action, seperti Dragon Nest, Dota, FIFA, Asphalt 8, Mortal Combat dan sejenisnya jelas membutuhkan kuota besar. Mendownload client game online saja bisa sampai 2.3 GB, belum lagi update data game yang dimainkan, diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang jelas akan semakin meningkatkan kebutuhan kuota Internet.

Beberapa kegiatan online di atas adalah memerlukan kuota Internet yang besar, jadi sebisa mungkin untuk yang menggunakan layanan data Internet dari mobile broadband atau menggunakan modem USB dengan kuota terbatas, maka sangat dianjurkan mengukur berapa kuota yang dibutuhkan sehingga bisa tetap online dengan nyaman.

Untuk mengukur kuota Internet, biasanya provider dari GSM atau CDMA sudah menyediakan tool atau alat ukur kuota, namun jika ingin menghitungnya sendiri juga bisa, rumusnya seperti berikut:
Kuota bandwidth per menit = bitrate x 1/8 x 60 second
1/8 adalah konstanta perbandingan antara kbps (kilobit/second) dengan KB/s (kilobytes / second). 100 mbps = 12,5 MB/s.
Misalnya kita menggunakan bitrate 40 kbps, maka kebutuhan bandwidth per menitnya adalah
40 kbps x 1/8 x 60 s = 300 KB. Dan per jamnya adalah = 300 KB x 60 menit = 18 MB
Jika streaming per harinya selama 20 jam, maka kebutuhan bandwidth dalam sebulan adalah
18MB x 20 jam x 30 hari = 10.800 MB atau 10,8 GB.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kegiatan Online Ini Membutuhkan Kuota Internet Besar

0 komentar:

Post a Comment