Friday, February 6, 2015

Koneksi Internet Wi-Fi

Koneksi Internet Wi-Fi
Wi-Fi atau ditulis Wifi atau WiFi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Sebuah alat yang dapat memakai Wi-Fi seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel. Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan.

Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu
  1. Ad-Hoc - Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.
  2. Infrastruktur - Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Tipe-tipe WiFi yang paling umum, diantaranya :

  • Wi-Fi dengan spesifikasi 802.11b bekerja pada frekuensi 2.4GHz. Merupakan tipe Wi-Fi yang pertama diluncurkan, juga paling lambat dan lebih murah dibandingkan dengan 2 tipe lainnya. 802.11b dapat mentransmit data sampai 11 megabits per detik.
  • Wi-Fi dengan sspesifikasi  802.11a bekerja pada frekuensi 5 Ghz. Merupakan Wi-Fi yang muncul setelah 802.11b. Tipe ini dapat mentransmit data sampai 54 megabits per detik, namun memiliki infrastruktur yang lebih mahal dibandingkan dengan 2 tipe lainnya
  • Wi-Fi dengan spesifikasi 802.11g. Merupakan gabungan dari 2 tipe sebelumnya. Tipe ini bekerja pada frekuensi 2.4GHz seperti 802.11b sehingga memiliki harga yang murah, namun dapat mentransmit data sampai 54 megabits per detik seperti tipe 802.11a. Frekuensi 2.4GHz adalah frekuensi yang juga banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari seperti microwave, bluetooth, telepon wireless dan sebagainya.
  • Wi-Fi dengan spesifikasi 802.11n. Merupakan tipe Wifi yang dikembangkan dari 802.11g dimana kecepatan data bisa mencapai 100 megabits per detik.

Wi-Fi menyediakan layanan di rumah pribadi, jalanan besar dan pertokoan, serta ruang publik melalui hotspot Wi-Fi yang dipasang gratis atau berbayar. Organisasi dan bisnis, seperti bandara, hotel, dan restoran, biasanya menyediakan hotspot gratis untuk menarik pengunjung. Pengguna yang antusias atau otoritas yang ingin memberi layanan atau bahkan mempromosikan bisnis di tempat-tempat tertentu kadang menyediakan akses Wi-Fi gratis.

Router yang melibatkan modem jalur pelanggan digital atau modem kabel dan titik akses WI-Fi, biasanya dipasang di rumah dan bangunan lain, menyediakan akses Internet dan antarjaringan ke semua peralatan yang terhubung dengan router secara nirkabel atau kabel. Dengan kemunculan MiFi dan WiBro (router Wi-Fi portabel), pengguna bisa dengan mudah membuat hotspot Wi-Fi-nya sendiri yang terhubung ke Internet melalui jaringan seluler. Sekarang, peralatan Android, Bada, iOS (iPhone), dan Symbian mampu menciptakan koneksi nirkabel.

BACA JUGA: MiFi - Perangkat Internet Mobile WiFi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Koneksi Internet Wi-Fi

0 komentar:

Post a Comment