Tuesday, May 26, 2015

Tips Cara Menghemat Kuota Paket Internet

Tips Cara Menghemat Kuota Paket Internet
Paket data internet saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi para pengguna internet entah yang menggunakan komputer, laptop, notebook, ipad atau smartphone lainnya. Seperti yang sudah diketahui paket data internet saat ini relatif mahal jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang sudah memiliki akses internet cepat dan stabil, oleh karena itu menghemat kuota internet perlu diterapkan demi kenyamanan berselancar di dunia maya.

Untuk beberapa kegiatan online yang sangat boros atau memerlukan paket data besar sebelumnya sudah pernah diulas disini - Baca : Kegiatan Online Ini Membutuhkan Kuota Internet Besar

Artikel tersebut di atas juga merupakan salah satu upaya agar kita mengetahui apa saja kegiatan online yang memerlukan kuota besar, sehingga bisa disesuaikan dengan paket internet yang saat ini kita pakai. Dan berikut ini adalah beberapa tips cara menghemat kuota paker internet yang mungkin bisa bermanfaat:

Selalu pantau dan awasi penggunaan data. Sebelum menggunakan paket data, ada baiknya mengenali terlebih dahulu tipe-tipe konsumsi datanya. Apakah akan digunakan pada media sosial, browsing, bermain game, menonton video online atau untuk keperluan download/upload aplikasi.

Mematikan sistem update otomatis. Sebuah aplikasi online yang bisa update otomatis atau bisa menerima pembaharuan terbaru dari pembuatnya, tentu harus diperhatikan karena fitur update ini biasanya akan langsung menyedot kuota data apalagi yang dipasang tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Jadi sebaiknya matikan fitur update ini, dan kita bisa memilih opsi update aplikasi secara manual atau otomatis hanya saat terkoneksi dengan WiFi.

Ubah fitur `Maps` ke Mode Offline. Fitur Maps yang tersedia di smartphone akan menguras data internet. Maps menggunakan layanan GPS yang bisa menguras data internet, terlebih jika menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite. Maka ubahlah fitur Maps ini contoh untuk Android: Pada Search Bar di atas aplikasi Maps, geser kebawah `Save map to use offline` dan pilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline.

Jangan terlalu sering download aplikasi. Saat berselancar di internet, sebisa mungkin mengurangi kegiatan download aplikasi yang tidak penting terutama jika online melalui koneksi seluler. Cukup download aplikasi penting seperti Facebook, Instagram atau Path, biasanya berukuran kecil ketika pertama kali diunduh. Namun perlu diingat aplikasi sosial media juga konsumsi datanya bisa membesar saat digunakan. Path, misalnya bisa mengkonsumsi ratusan megabyte kuota data untuk menampilkan linimasanya yang berjejal dengan foto.

Kompresi data di browser. Sejumlah peramban atau browser memiliki fitur bawaan yang otomatis memampatkan data. Fitur ini sangat berguna untuk mereka yang sering menjelajah internet menggunakan ponsel. Peramban yang memiliki fitur ini, antara lain adalah Chrome dan Opera Mini. Keduanya menggunakan server mereka sendiri untuk mengompres data situs yang dikunjungi pengguna, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil.

Manfatkan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk menghemat kuota internet, contohnya aplikasi `Mailbox` untuk keperluan Email. Para pengguna iOS dan Android tentunya bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang tersedia di kedua perangkat tersebut. Atau bisa juga menggunakan aplikasi "Juice Defender" yang bisa otomatis mematikan layanan data internet saat tombol terkunci.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa berguna menghemat kuota paket internet yang sehari-hari kita pakai untuk keperluan online.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Cara Menghemat Kuota Paket Internet

0 komentar:

Post a Comment