Sunday, February 28, 2016

Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Cara setting mikrotik merupakan tema postingan yang akan saya bagikan beberapa hari ini, mengingat banyak sekali teman saya yang membutuhkan tutorial lengkapnya seperti cara setting mikrotik sebagai router gateway internet yang akan kita bahas bersama-sama.

Sebelumnya apa anda sudah mengetahui apa itu gateway internet?, Gateway internet  yang saya maksud adalah router mikrotik yang nantinya akan kita gunakan untuk jalan keluar biar bisa mengakses internet. Jadi artinya setiap komputer yang akan mengakses internet akan melalui router mikrotik tersebut.
Kemarin saya juga sudah menulis artikel tentang cara setting mikrotik di virtualbox lengkap dengan gambar lho sobat.

Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

Kita asumsikan topologi yang digunakan seperti gambar dibawah ini.
memberikan ip address pada ethernet mikrotik
Disini saya akan berikan IP address pada masing-masing ethernet di mikrotik :

  • Ether1: 192.168.10.2/28
  • Ether2 : 192.18.20.1/24

Caranya pada winbox, klik menu IP kemudian pilih addresses. Lalu klik tanda add “+”, masukan IP address serta pilih ethernet yang dipakai untuk IP address tersebut. Lihat foto untuk lebih jelasnya.
memasukkan ip address dalam setting mikrotik sebagai router gateway internet

address list pada cara setting mikrotik sebagai router gateway internet
Seusai masing-masing ethernet mempunyai IP address, kini tambahkan gateway. Tujuannya merupakan menentukan IP mana yang bakal menghubungkan ke internet.

Caranya pada menua IP pilih Routes. Kemudian klik tombol add “+”, serta masukan gatewaynya. Pada contoh ini, IP 192.168.10.1 yang saya jadikan gateway, sebab IP tersebut yang terhubung ke internet. Lebih jelasnya lihat foto dibawah ini.

memasukkan gateway pada cara setting mikrotik sebagai router gateway internet
Seusai itu, kami tambahkan juga DNS. Pendek saja, manfaat DNS ini merupakan untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP, serta juga sebaliknya. Caranya pada menuIP pilih DNS. Serta masukan IP-nya pada form servers. Pada contoh ini saya memakai 8.8.8.8. Lihat foto untuk lebih jelasnya.

Nah, sejauh ini router mikrotik telah bisa terhubung ke internet. Untuk memastikannya silahkan perbuat ping ke situs semacam www.google.com alias yang lainnya.

ping google test setting mikrotik
Nah seusai mikrotik mendapat koneksi internet, kini kami setting NAT untuk klien nya. Alias istilah gampangnya, kami sharing koneksi internet tersebut.

Caranya pada menu IP kami pilih Firewall. Seusai timbul kotak obrolan firewal, pilih tab NAT, kemudian klik tombol add “+”. Bakal timbul kotak obrolan baru, pada tab general atur chain=srcnat, out-interface=ether1 (ether yang terhubung ke internet), pada tab Action, aturlah action=masquerade. Lebih jelasnya lihat foto dibawah ini.

setting firewall dalam cara setting mikrotik sebagai router gateway internet
Setting di mikrotik telah berakhir, sewajibnya klien yang terhubung telah bisa terkoneksi ke internet. Apabila tetap belum bisa, coba cek kembali, mungkin tetap ada yang salah alias tak lebih. Satu faktor lagi, biasanya, settingan semacam ini merupakan yang pertama diperbuat sebelum meperbuat konfigurasi lainnya. Jadi, sangat penting juga ya mengenal cara setting mikrotik sebagai router gateway internet.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Setting Mikrotik Sebagai Router Gateway Internet

0 komentar:

Post a Comment