Tuesday, April 18, 2017

Cara Mengatur Cahaya Laptop

Cara Mengatur Cahaya Laptop

Laptop merupakan gadget yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dewasa ini. Apalagi bagi para orang-orang pekerja kantoran, seorang pelajar, pengusaha dan lain-lainnya sudah sangat ketergantungan kepada penggunaan laptop. Pasalnya laptop merupakan barang atau gadget yang mudah dibawa kemana-mana tanpa perlu daya listrik untuk menghidupkannya.

Dahulu memang orang-orang kebanyakan memilih untuk menggunakan komputer, pasalnya kala itu belum ada laptop. Namun semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, banyak pula orang-orang mengembangkan berbagai perangkat dengan fitur dan teknologi yang lebih tinggi, diantaranya memiliki kelebihan untuk dapat digunakan tanpa daya listrik karena pemakaiannya bisa menggunakan baterai, hal itulah yang menjadi salah satu kelebihan menggunakan laptop dibandingkan komputer. Apalagi saat ini laptop juga bisa dibawa kemana-mana dan lebih simpel, berbeda dengan komputer yang harus menggunakan CPU terpisah, Mouse dan lain-lainnya untuk bisa dioperasikan.

Dengan laptop, maka pekerjaan anda akan bisa terselesaikan degan cepat. Kelebihan laptop adalah membuat pekerjaan menjadi bisa terselesaikan dengan lebih efisien dan efektif. Ada banyak fitur yang dimiliki oleh laptop dan bisa anda manfaatkan ketika menggunakan laptop tersebut. Semua fiturnya tentu saja dibuat untuk bisa anda atur sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Karena semakin banyaknya permintaan masyarakat akan laptop dan memiliki daya tarik tersendiri, maka adalah hal yang begitu wajar jika kemudian banyak vendor yang membangun berbagai teknologi baru untuk membuat laptop. Para vendor ternama di dunia berlomba-lomba untuk dapat membuat laptop yang siap dihadirkan dan menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Beberapa diantara vendor terama tersebut seperti Asus, Lenovo, Apple, Acer, Axioo, Toshiba, Dell dan masih banyak lagi merek-merek ternama lainnya yang sudah bertandang di pasar laptop.

Harga yang ditawarkan pun juga tentu saja tidak sama, namun mirip-mirip sesuai kelasnya. Setiap harga yang berbeda tersebut tentu saja tergantung dengan spesifikasi yang dimiliki serta kualitas dari sang vendor. Laptop yang hadir dengan spesifikasi tinggi dan cukup canggih dikelasnya, tentu akan dibandrol harga lebih tinggi pula karena menyesuaikan dengan kecanggihan laptop. Akan tetapi laptop yang hadir dengan spesifikasi menengah maka tentu harganya juga lebih rendah dari laptop yang berspesifikasi tinggi.

Anak-anak kuliahan biasanya tidak bisa lepas aktivitasnya dari laptop, mengapa demikian? Ya tentu saja karena mereka membutuhkan segala pengerjaan tugasnya dengan laptop. Apalagi jurusan informatika atau jurusan lain yang berkaitan secara langsung dengan komputer meskipun sumuanya berkaitan dengan ilmu komputer, sangat tergantung kebutuhannya akan laptop. Karena tidak memungkinkan untuk membawa komputer ke dalam kelas perkuliahan mereka.

Berbicara tentang laptop pasti juga tidak lepas dari layar yang menjadi salah satu komponen utama dalam sebuah laptop. Layar laptop hadir dengan tingkat kecerahan atayu brightenes yang bisa disesuaikan oleh pengguna. Hal ini sengaja dibuat supaya orang-orang bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan mereka akan cahaya dari layar laptop tersebut. Dengan adanya tingkat kecerahan ini, maka anda bisa menyetel ketika ingin menggunakan laptop, apabila ada di tempat gelap sebaiknya cahayanya lebih diturunkan supaya tidak terlalu menyerang mata dan membuat mata tetap nyaman memandang laptop apalagi dalam durasi waktu cukup lama. Namun apabila anda merasa pencahayaan laptop kurang, apalagi kalau ada di tempat cerah karena cahaya matahari, maka anda bisa meningkatkan cahaya layar laptop yang anda miliki supaya bisa tetap terlihat apa isi layar laptop tersebut.

Dengan mengatur cahaya laptop sesuai dengan kebutuhan anda maka anda bisa membuat dan menciptakan kenyaman sendiri ketika bermain laptop. Apalagi dalam jangka waktu lama. Karena jika cahaya terlalu terang pada mata bisa membuat mata cepat lelah dan anda tidak bisa lama mengoperasikan laptop, anda juga butuh cahaya terang supaya bisa melihat dengan jelas isi dalam layar laptop ini. Tingkat kenyamanan dalam bermain dan mengoperasikan laptop tentu saja tergantung pada anda yang menggunakannya.

Bagi anda yang kebingungan untuk dapat mengatur cahaya pada laptop, tak perlu khawatir, karena anda benar-benar tepat dengan membuka artikel kali ini yang akan membagikan informasi cara mengatur cahaya pada laptop supaya sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan mata anda ketika menggunakan laptop.

Baiklah tanpa berlama-lama lagi, berikut kami telah berikan cara untuk dapat mengatur cahaya laptop di laptop yang memakai sistem operasi Windows 7, inilah caranya :


  1. Kliklah icon start yang ada pada layar laptop, atau anda bisa menekan tombol start yang ada pada keyboard laptop. Kemudian ketik pada kotak pencarian atau search programs and files "adjust screen brightness, lalu tekan tombol Enter pada keyboard.
    cara mengatur cahaya laptop dengan mudah
  2. Kemudian anda akan dialihkan ke jenddela baru yang muncul dilayar laptop. Untuk mengatur cahaya langkah selanjutnya anda bisa geser ke kiri atau kekanan slot pada pengaturan screen brightness. Pengaturan ini bisa anda atur sendiri sesuai keinginan.
    cara mengatur cahaya laptop sesuai keinginan

Ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk mengatur pengcahayaan pada layar laptop tersebut. Cara lain yang bisa dioperasikan adalah menggunakan langkah-langkah dibawah ini, yang mana bisa pula anda praktikkan untuk laptop Windows 7 dan 8, berikut caranya :

  1. Bukalah Start, klik start lalu menuju ke Control Panel
  2. Selanjutnya anda akan dialihkan pada jendela Control Panel, disini anda bisa memilih Hardware and Sound, klik pilihan tersebut
  3. Pilih dan klik tombol Power Options
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan baru yang mana anda bisa melakukan pengaturan untuk layar laptop anda, atur penghacahayaannya dengan menggeser ke kanan dan ke kiri sesuai keinginan dan kebutuhan anda sendiri.
  5. Selesai.


Sebenarnya ada lagi cara yang lebih simpel dan cukup praktis yang bisa anda lakukan untuk dapat mengatur pencahayaan pada laptop yang anda miliki. Cara seperti ini anda tidak perlu beralih membuka jendela ini itu karena anda bisa memanfaatkan keyboard yang ada pada laptop dan mengatur cahaya atau brightness pada laptop. Caranya adalah anda cukup memberi tekanan pada tombol Fn + Left Arrows dan Fn+Rigt Arrow, mainkan ini dikeyboard untuk bisa mengatur pencahayaan laptop sesuai dengan kebutuhan.

Nah itulah cara singkat yang bisa kami berikan untuk anda melakukan pengaturan cahaya layar laptop agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir dan mengeluhkan tidak tahu cara melakukan hal ini. Dengan memberikan pengaturan pada laptop sesuai dengan keinginan anda maka akan menghindari anda dari rasa mata lelah akibat terlalu lama berada di depan laptop dengan pengcahayaan yang tinggi atau cahaya yang kurang.

Anda bisa menggunakan laptop dengan rasa nyaman dan tak merasa terganggu karena sudah sesuai dengan kebutuhan mata anda ketika memandang laptop. Semoga informasi cara mengatur cahaya laptop ini bisa bermanfaat untuk bisa anda gunakan dan praktikkan dalam kehidupan sehari-hari ketika menggunakan laptop.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatur Cahaya Laptop

0 komentar:

Post a Comment