Sunday, March 1, 2015

Perbedaan Antara Jaringan GSM dan CDMA

Perbedaan Antara Jaringan GSM dan CDMA

Pada jaringan komunikasi seluler dikenal dengan istilah GSM dan CDMA. Kedua layanan ini merupakan teknologi broadband mobile yang saat ini banyak digunakan untuk koneksi ponsel, HP atau Smartphone. GSM sendiri singkatan dari Global System for Mobile Communication sedangkan CDMA adalah Code Division Multiple Access.

Jaringan GSM

GSM adalah sebuah teknologi komunikasi selular yang bersifat digital. Teknologi GSM banyak diterapkan pada komunikasi bergerak, khususnya telepon genggam. Teknologi ini memanfaatkan gelombang mikro dan pengiriman sinyal yang dibagi berdasarkan waktu, sehingga sinyal informasi yang dikirim akan sampai pada tujuan. GSM dijadikan standar global untuk komunikasi selular sekaligus sebagai teknologi selular yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Secara teknik jaringan GSM terdiri dari 4 komponen utama diantaranya Mobile Station (MS) yaitu perangkat yang digunakan untuk melakukan pembicaraan dengan perangkat Mobile Equipment atau sinyal dan Subscriber Identity Module atau Sim Card. Komponen kedua yaitu Base Station System (BSS)atau pengirim sinyal, ketiga Network Sub System (NSS) yang berfungsi mengatur seluruh elemen data dan terakhir adalah Operation and Support System (OSS) sebagai pusat pengendalian atau Frekuensi jaringan.

GSM, sebagai sistem telekomunikasi selular digital memiliki keunggulan yang jauh lebih banyak dibanding sistem analog, di antaranya:
  • Kapasitas sistem lebih besar, karena menggunakan teknologi digital di mana penggunaan sebuah kanal tidak hanya diperuntukkan bagi satu pengguna saja sehingga saat pengguna tidak mengirimkan informasi, kanal dapat digunakan oleh pengguna lain.
  • Sifatnya yang sebagai standar internasional memungkinkan roaming mancanegara
  • Dengan teknologi digital, tidak hanya mengantarkan suara, tapi memungkinkan servis lain seperti teks, gambar, dan video.
  • Keamanan sistem yang lebih baik
  • Kualitas suara lebih jernih dan peka.
  • Mobile (dapat dibawa ke mana-mana)
Jaringan CDMA

CDMA adalah sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu, namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan. Dalam perkembangan teknologi telekomunikasi telepon selular terutama yang berkaitan dengan generasi ke-tiga (3G), CDMA menjadi teknologi pilihan masa depan.

Secara teknis CDMA mengacu pada sistem telepon seluler digital yang menggunakan skema akses secara bersama sehingga laju transmisi paket data atau penerimaan sinyal lebih cepat. Sinyal pesan pita sempit (narrowband) yang diperoleh akan digandakan dengan penyebaran sinyal pita lebar( wideband ) atau pseudonoise code.

CDMA tidak hanya digunakan pada seluler melainkan banyak digunakan untuk sistem komunikasi lainnya termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada sistem satelit OmniTRACS untuk logistik transportasi.

Teknologi CDMA sendiri memiliki berbagai keuntungan jika diaplikasikan dalam sistem seluler. Keuntungan-keuntungan tersebut antara lain:
  • Hanya membutuhkan satu frekuensi yang dibutuhkan untuk beberapa sektor/cell 
  • Tidak membutuhkan equalizer untuk mengatasi gangguan spektrum sinyal 
  • Dapat bergabung dengan metode akses lainnya, tidak membutuhkan penghitung waktu (guard time) untuk melihat rentang waktu dan penjaga pita (guard band) untuk menjaga intervensi antarkanal 
  • Tidak membutuhkan alokasi dan pengelolaan frekuensi 
  • Memiliki kapasitas yang halus untuk membatasi para pengguna akses 
  • Memiliki proteksi dari proses penyadapan
Penerapan pada Seluler

Pada GSM, digunakan metode TDMA atau Time Division Multiple Access. Terlihat dari namanya, metode ini menggunakan waktu untuk membentuk jalur tiap sambungan telepon. Tiap ponsel yang hendak melakukan sambungan mendapat slot waktu sendiri untuk sambungan tersebut. Jadi, ponsel tersebut hanya dapat mengirim data GSM pada slot waktu yang telah ditentukan. Akan tetapi hal ini tidak begitu terasa bagi kita karena rentang waktunya sangat singkat dan berulang secara periodik.

Sedangkan CDMA menggunakan metode yang sama dengan namanya, yaitu CDMA (Code Division Multiple Access). Dengan metode ini, setiap ponsel yang hendak melakukan sambungan dapat mengirim data CDMA kapan saja. Sebagai pembeda, setiap ponsel memiliki kode unik untuk mengatur paket data CDMA yang dikirimnya dalam sambungan telepon. Nantinya, pihak penerima sambungan telepon itu juga hanya akan menerima data yang menggunakan kode yang sama dengan kode yang digunakan oleh pengirim itu. Penjelasan lengkap bisa dibaca dan dipelajari disini (GSM) dan disini (CDMA)

BACA JUGA:  Mobile broadband - Koneksi Internet Mobile

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Antara Jaringan GSM dan CDMA

0 komentar:

Post a Comment