Saturday, March 25, 2017

Begini Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Panduan Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet

Bagi para pengguna laptop sangat disarankan untuk mengetahui cara merawat baterai laptop supaya tetap awet. Laptop sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Dimana keberadaannya sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah, maupun untuk sarana hiburan seperti game, film, serta lainnya. Kepraktisan serta kemampuannya untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas sampai sekarang memang laptop belum bida digantikan dengan perangkat lain.

Namun laptop memiliki salah satu kelemahan yaitu daya baterai yang drop ketika dingunakan pada jangka waktu tertentu. Tentu ini menjadi penghambat bagi pengunanya yang sedang mengejar deadline. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan merawat baterai laptop dengan benar. Pola penggunaan laptop merupakan hal dasar penyebab baterai laptop rusak atau tidak awet. Untuk menjaga baterai laptop tetap awet, berikut cara merawat baterai laptop yang dapat anda baca dibawah ini.

Bagaimana Cara Merawat Baterai Laptop Yang Benar?

cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak
Disini saya akan memberi 6 tips merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak seperti dengan mengatur kontras cahaya layar, menutup aplikasi yang tidak penting, hindari mengecas dalam waktu singkat, jangan menunggu baterai habis dan lainnya yang dapat anda baca lebih lanjut.

Mengatur Kontras Cahaya Layar

Hindari mengatur layar terlalu terang karena itu akan memakan banyak tenaga baterai. Selain itu, cahaya layar yang terlalu terang tidak baik untuk kesehatan mata. Cobalah atur kecerahan cahaya layar pada titik yang tidak terlalu tinggi atau anda dapat menambahkan semacam pelapis layar agar cahaya tidak langsung ke mata.

Tutup Aplikasi yang Tidak Penting

Secara tidak sadar banyak aplikasi yang sebenarnya menyedot resource CPU. Hal ini pastinya juga menjadi penyebab baterai laptop cepat habis. Gunakan Task Manager untuk mengetahui aplikasi dan program yang sedang berjalan lalu tutup yang dirasa tidak digunakan.

Baru Membeli Laptop? Perhatikan Ini

Sebelumnya mungkin anda sudah sering mendengar kalau laptop yang baru dibeli sebaiknya di charging terlebih dahulu dalam waktu yang lama. Hal ini bertujuan untuk penyesuaian baterai, rekomendasi cas selama 8 jam sebelum digunakan.

Hindari Mengecas Sampai Penuh atau Jangan Menunggu Baterai Habis

Bagi para pengguna laptop atau notebook, mulai sekarang hindari mengecas laptop sampai penuh karena menurut Aang yang merupakan teknisi komputer di negara angin hal itu dapat merusak baterai. Selain itu hindari pemakaian laptop sampai baterai habis, rekomendasi cas saat baterai 20% - 25%

Jangan Gunakan Laptop Saat Pengisian Baterai

begini salah satu cara merawat baterai laptop agar awet
Saat anda sedang melakukan pengisian baterai usahakan untuk tidak menghidupkan laptop itu.  Karena hal ini akan membuat baterai cepat paas serta dapat berakibat kerusakan baterai. Bayangkan anda makan sambil buang, itulah yang dialami si laptop kalau anda mengisi baterai sambil menghidupkannya.

Sirkulasi Udara Harus Tetap Lancar

Anda dapat menggunakan kipas pendingin laptop seperti gambar diatas. Harganya tidak mahal kok dan untuk penggunaannya juga sangat mudah. Cara ini sangat efektif untuk membuat sirkulasi udara laptop lancar.

Itulah tips dari saya untuk cara merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak serta awet digunakan. Intinya yang membuat baterai cepat rusak itu sebagian besar bukan karena baterainya, tapi karena kebiasaan buruk dalam penggunaannya. Jadi apabila baterai laptop anda rusak, berhentilah menyalahkan baterainya tapi intropeksi dalam penggunaannya. Selain informasi cara merawat baterai laptop ini, anda juga bisa membaca tips lainnya dari kami seperti cara merawat hardisk laptop.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Begini Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

0 komentar:

Post a Comment