Friday, June 9, 2017

Cara Install Windows 10 Paling Lengkap Beserta Gambar

Pada kesempatan ini saya akan bagikan cara install windows 10 beserta gambar yang semoga bermanfaat. Kenapa beserta gambar? karena agar pembaca dapat lebih mudah mempraktekkannya. Diharapkan setelah membaca tips ini, anda bisa menginstall windows 10 dengan flashdisk maupun DVD tanpa bantuan orang lain.

Semenjak kejadian virus ransomware belakangan ini, banyak para pengguna windows ingin meng-upgrade sistem operasi mereka ke windows 10. Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru dari windows. Jika saya bandingkan dengan edisi sebelumnya, windows 10 memiliki keunggulan pada tampilan dan keamanan yang update.

Langkah - langkah menginstall windows 10 ini sangat lengkap dan saya buat dengan sepenuh hati. Anda dapat mempraktekkannya di laptop sendiri yang pastinya tidak akan membuat data lama hilang.

Panduan Cara Install Windows 10 Dengan Flashdisk dan DVD

Seperti yang sudah saya katakan di awal paragraf, disini anda akan mengetahui cara install windows 10 dengan flahdisk dan DVD.

Sebelum membaca lebih lanjut anda perlu ketahui bahwa instalasi menggunakan flashdisk lebih praktis dan tidak ada resiko rusak karena tergores. Namun walaupun tidak ada resiko rusak karena tergores, flashdisk yang terkena virus dapat membuat file install tidak bisa digunakan.

Bagaimana dengan instalasi menggunakan DVD?
Salah satu yang menjadi kelebihan menggunakan DVD yaitu tidak mudah terkena virus. Untuk kekurangannya hanya laptop dan pc yang bisa menggunakan, notebook bisa sih tapi harus menggunakan DVD room external.

Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Mengingat netbook kebanyakan tidak disertai dvd drive, sebagai pengguna anda harus mengetahui cara install windows 10 dengan flashdisk karena menggunakan flashdisk merupakan solusi paling tepat. Disini kita akan menggunakan Rufus untuk membuat bootable flashdisk karena penggunaannya sederhana serta cepat. Sebelum mulai siapkan satu flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB sesuai dengan sistem operasi yang akan diinstall.

Jika sudah tersedia maka anda sudah bisa menginstall windows 10 menggunakan flashdisk sesuai langkah - langkah di bawah ini.

  1. Hal pertama yang harus and alakukan adalah download aplikasinya disini.
  2. Setelah itu masukkan flashdisk yang sudah disiapkan lalu buka aplikasi Rufus. Setelah itu akan muncul tampilan seperi gambar di bawah.
  3. Klik pada gambar CD drive untuk memilih lokasi file ISO windows lalu klik Open.
  4. Setelah itu Rufus secara otomatis akan merubah file system dari FAT32 menjadi NTFS. Selanjutnya rubah nama drive pada New volume label lalu klik Start.
  5. Kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa semua data yang ada dalam drive tersebut akan diformat, pastikan bahwa sebelumnya anda sudah membackup data penting > Klik Ok.
  6. Setelah klik Ok maka proses copy file ISO akan berjalan. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 15 menit tergantung besar ukuran sistem operasi serta kecepatan flashdisk yang digunakan.
  7. Jika Rufus menampilkan seperti gambar di bawah, berarti proses copy file ISO telah berhasil dan flashdisk anda sudah bisa digunakan untuk media instalasi seperti windows 10.
Setelah media instalasi windows sudah selesai, maka langkah selanjutnya yaitu anda harus mengatur BIOS supaya booting pertama dari flashdisk. bagaimana caranya? berikut cara setting BIOS agar install windows 10 dengan flashdisk.
  1. Dalam setting BIOSnya, jangan cabut flashdisk yang sudah bootable tadi (biarkan terpasang di device anda)
  2. Selanjutnya restart device, kemudian tekan tombol DEL (Delete) untuk masuk ke menu BIOS. Masing-masing manufacturer motherboard/merk biasanya berbeda, namun umumnya untuk masuk ke menu BIOS yaitu menekan DEL, F2, F1 atau FN+F2.
  3. Setelah menekan salah satu tombol diatas maka anda akan masuk ke menu BIOS seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ► di keyboard anda.
  4. Setelah klik Boot, anda akan melihat urutan boot pada device. Gambar di bawah menunjukkan bahwa HDD adalah booting pertama.
  5. karena disini kita akan melakukan install windows 10 menggunakan flashdisk, ubah dan tempatkan Removable Devices pada urutan teratas. Caranya dengan memilih Removable Devices lalu geser dengan tombol +/- sampai berada pada urutan pertama seperti gambar di bawah.
  6. Selanjutnya tekan F10 untuk menyimpan perubahan yang telah anda lakukan sekaligus keluar dari menu BIOS.
Sampai disini anda sudah berhasil setting BIOS dan langkah selanjutnya yaitu install windows 10 menggunakan flashdisk.

Cara Install Windows 10 Menggunakan DVD

Bagi kamu pengguna netbook yang ingin install windows 10 menggunakan DVD harus menyiapkan CD/DVD Room External serta DVD yang berisi file installasi windows 10. Jika bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka anda bisa lanjut ke proses pengaturan booting berikut.
  1. Masukkan DVD windows 10 ke Room External yang sudah di persiapkan dan pastikan sudah tersambung ke device.
  2. Selanjutnya masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol DEL, F2, F1 atau FN+F2.
  3. Setelah menekan salah satu tombol di atas anda akan masuk ke menu BIOS seperti gambar di bawah dan pilih menu Boot.
  4. Kemudian tempatkan CD-ROM Drive atau Nama DVD External pada urutan teratas.
  5. Lalu klik F10 untuk menyimpan perubahan sekaligus keluar dari menu BIOS.
Sampai disini anda telah berhasil setting bios agar booting melalui CD/DVD. Sebenarnya menggunakan flashdisk atau DVD yang membedakan hanya pengaturan booting di menu BIOS saja. untuk cara install windows 10 sama saja. Saya akan kasih beberapa panduan cara install windows 10 lengkap dengan gambar yang dapat anda baca.

Diatas merupakan cara install windows 10 terlengkap beserta gambar yang saya bagikan untuk pembaca yang membutuhkan. Buat para pembaca perlu ketahui bahwa virus lebih cepat datang jika dibandingkan resiko rusak karena tergores, Namun jika anda ingin instalasi windows 10 dengan flashdisk, saran saya gunakan flashdisk khusus yang hanya berisi file ISO windows 10. Sampai disini tips dari saya mengenai cara install windows 10 paling lengkap beserta gambar untuk pembaca, jika artikel ini bermanfaat anda bisa bagikan karena kebaikan berawal dari satu orang baik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Install Windows 10 Paling Lengkap Beserta Gambar

0 komentar:

Post a Comment