Saturday, March 25, 2017

Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Hardisk dan Menghindari Kerusakannya

Hardisk merupakan hardware yang memiliki peran sangat penting yaitu sebagai tempat penyimpanan data sekunder dan di dalamnya berisi piringan yang magnetis. Data yang tersimpan dalam hardisk tidak akan hilang meski komputer atau laptop kita mati. Perkembangan hardisk juga sangat cepat, saat ini bentuknya semakin tipis namun memiliki daya tampung yang sangat besar. Hardisk juga terbagi menjadi 2 yaitu Internal (terpasang di dalam perangkat)  dan Eksternal (dipasang di luar perangkat) dengan mengunakan kabel USB atau Wifi.

Lalu bagaimana cara merawat hardisk laptop internal maupun ekternal?
Untuk perawatan hardware penting ini bisa dibilang tidak mudah, jika kita mengunakan serta merawatnya dengan cara yang tidak benar maka tingkat resisko terjadinya kerusakan hardisk sangat tinggi. Dari sini muncul pertanyaan bagaimana cara merawat hardisk laptop yang baik dan benar?

Disini kami sudah menulis berbagai tips perawatan hardisk laptop agar tahan lama baik itu internal maupun eksternal yang dapat anda coba sendiri.

1. Jangan Menutup Rapat Lubang casing

cara merawat hardisk laptop agar awet
Hardisk memerlukan udara dingin untuk menjaga suhunya agar tidak panas. Hal ini perlu diperhatikan karena jika panas akan merusak hardisk. Jadi mulai sekarang berikanlah celah angin-angin supaya udara dapat masuk dan hardisk laptop tetap terjaga suhunya.

2. Pilih hardisk Sesuai Kebutuhan

merawat hardisk laptop agar tidak cepat rusak
Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kerusakan hardisk yaitu memilih hdd yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk pekerjaan yang cukup berat atau yang berhubungan dengan IT, kami menyarankan untuk menggunakan Hardisk 500GB dengan kecepatan 7200 RPM. Namun jika hanya untuk kegiatan normal seperti browsing, hiburan serta kegiatan ringan lainnya menggunakan Hardisk dengan kapasitas dibawah 500GB dengan kecepatan 5400 RPM kami rasa sudah cukup.

3. Matikan Laptop Dengan Benar

begini cara mematikan laptop dalam merawat hardisk
Pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar kata ini karena setiap selesai menggunakan laptop tentunya kita akan mematikan laptop. Namun apa cara mematikan laptop yang kita lakukan selama ini benar?
Mematikan komputer harus dengan prosedur yang benar yaitu melalui menu shutdown di windows dan tunggu hingga mati untuk melepas tegangan listriknya. Karena jika mematikan laptop dengan prosedur yang salah maka akan menyerang Hardisk.

4. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ualng

Mulai sekarang jangan anggap sepele dengan install ulang. Ternyata proses install ulang sangat berpengaruh pada keawetan Hardisk karena HDD akan sangat bekerja saan proses install ulang berlangsung. Jadi jangan terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan agar Hardisk laptop tidak cepat rusak.

5. Gunakan Laptop di Meja

merawat hardisk laptop internal dan external yang benar
Mesin juga membutuhkan suhu yang stabil, apabila panas maka akan mengganggu kesehatannya. Jangatn taruh CPU atau menggunakan laptop pada tempat yang lembab. Selalu biasakan menggunakan laptop di meja atau objek lain yang datar dan keras sehingga dapat di aliri udara. Hal sering yang dilakukan yaitu menggunakan laptop di atas pangkuan, anda harus menghindari ini karena dapat memperpendek umur Hardisk.

6. Defrag Hardisk

cara efisien untuk merawat hardisk yaitu dengan melakukan defrag hardisk. Seiring denga penggunaan, semua data dalam hardisk akan mengalami fragmentasi sehingga membuat performa Hardisk menurun. Untuk mengatasinya kita dapat menghilangkan fragmen tersebut dengan melakukan defrag ketika dibutuhkan. Anda bisa melakukannya saat fragmentasi sudah mencapai lebih dari 10%. Namun jangan terlalu sering melakukan defrag karena justru akan membuat Hardisk cepat rusak.

7. Pastikan Kipas Tetap Berputar

cara merawar hardisk laptop paling lengkap agar tidak cepat rusak
Di dalam laptop atau CPU terdapat kipas yang berfungsi agar perangkat tetap dingin meski digunakan dalam waktu cukup lama. Jika tidak ada, anda bisa memasangnya sendiri agar hardisk tetap dingin. Dimana saya bisa mendapatkan kipas tersebut?
Anda bisa membelinya di toko laptop sekitar dan usahakan beli yang bagus sekalian agar ganteng maksimal.

8. Hapus Data Yang Tidak Perlu

Menghapus data yang tidak penting dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan merupakan hal yang harus kamu lakukan mulai saat ini. Karena ini penting untun mengurangi penggunaan space di hardisk sehingga HDD tidak bekerja terlalu keras.

Langkah-langkah diatas penting dilakukan agar hardisk laptop tidak cepat rusak sehingga awet digunakan. Pastinya kamu tidak ingin kehilangan data penting atau harus mengeluarkan banyak biaya untuk mengganti hardisk yang rusak mengingat harganya tidak seperti tahu bulat. Sampai disini tips dari saya dalam cara merawat hardisk laptop agar tidak cepat rusak yang semoga bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Hardisk Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

0 komentar:

Post a Comment