Wednesday, July 15, 2015

Kecepatan Akses Internet 5G Sekitar 20 Gbps

Kecepatan Akses Internet 5G Sekitar 20 Gbps
Teknologi generasi kelima atau 5G sebagai jaringan telekomunikasi masa depan baru-baru ini sudah mulai dibahas mengenai standar operasionalnya. International Telecommunication Union (ITU) mengumumkan bahwa kecepatan maksimum Internet mobile generasi kelima tersebut dapat mencapai kecepatan maksimal 20 gigabit per detik (Gbps).

Saat teknologi tersebut diluncurkan 2020 mendatang, pelanggan layanan telekomunikasi akan merasakan kecepatan internet antara 100 hingga 1.000 Mbps. Pengguna pun bakal bisa memakainya untuk mengakses hal baru, misalnya streaming video beresolusi 4K dan virtual reality menggunakan jaringan mobile.

Spesifikasi yang dibahas ITU juga menyinggung soal internet of things (IoT). Mereka mensyaratkan 5G mesti sanggup menyediakan kecepatan transmisi data 100 Mbps ke lebih dari 1 juta perangkat IoT dalam radius 1 kilometer persegi.

Meski sudah muncul gambaran soal kecepatan, pembahasan tersebut belum selesai. Detail final soal 5G akan dikonfirmasi pada Oktober mendatang, setelah proposal mengenai standar teknologi itu disetujui oleh 193 negara anggota ITU.

Berikut beberapa definisi Internet 5G yang telah ditetapkan agar menjadi standar.
  • 5G atau kecepatan 20 Gbps akan cukup cepat untuk mengunduh film HD ukuran 8 GB dalam enam detik,
  • Jaringan 5G diharapkan berjalan terus-menerus tanpa tiba-tiba drop out.
  • 5G dapat memungkinkan mobil tanpa sopir dan jalan raya terhubung untuk mengkomunikasikan informasi tentang kecelakaan mobil yang berada di depan dan akan menghentikan mobil sebelum terjadi tabrakan.
  • 5G dapat memungkinkan orang untuk mengontrol mesin berat dari jarak 5 mil jauhnya.
  • 5G dapat memungkinkan perusahaan untuk menyebarkan iklan ke pelanggan di kawasan publik berdasarkan riwayat browsing mobile mereka.
  • 5G dapat memungkinkan orang menggunakan perangkat mobile untuk menemukan ruang parkir yang tersedia di kota, tanpa harus mendaftar untuk layanan tertentu.
  • 5G dapat memungkinkan dokter melakukan operasi jarak jauh, dengan mengendalikan robot di ruang operasi.

Walaupun prediksi roadmap itu hanya berselang lima tahun ke depan, saat ini banyak negara yang masih berkutat pada penggelaran 4G dan belum mempunyai visi ke arah 5G. Baru beberapa negara, seperti Korea Selatan, Tiongkok, dan Inggris, yang sudah mempunyai persiapan untuk 5G.

Baca juga: Jaringan Internet 4G Mobile di Indonesia

Contohnya Korea Selatan, baru-baru ini operator telekomunikasi KT bekerja sama dengan Samsung untuk meluncurkan GiGA LTE berkecepatan 1,17Gbps. Teknologi jaringan tersebut memanfaatkan agregasi antara LTE dengan WiFi hotspot untuk meningkatkan kecepatannya dan dianggap sebagai peralihan antara 4G ke 5G.

Finalisasi standar atau definisi 5G akan diselesaikan pada pertemuan majelis teknologi radio ITU di Jenewa, Swiss, pada bulan Oktober 2015. Secara teknis 5G akan bernama resmi IMT-2020, mengikuti standar 3G atau IMT-2000, dan 4G untuk IMT-Advanced.

Source: 1 2

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kecepatan Akses Internet 5G Sekitar 20 Gbps

0 komentar:

Post a Comment