Saturday, March 25, 2017

Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet (Terbukti)

Inilah Tips Cara Merawat Laptop Supaya Tetap Awet Digunakan

Laptop kini bukanlah sebuah perangkat asing lagi bagi kebanyakan orang. Hampir setiap orang memiliki perangkat canggih yang satu ini, terlebih para kaum pekerja aktif. Hal ini wajar saja karena laptop telah memberikan kemudahan tersendiri untuk semua pekerjaan kantor. Ketika memiliki sebuah laptop tentu saja semua orang berharap agar laptop yang dimilikinya bisa awet dan tahan lama. Berbagai macam cara merawat laptop dilakukan oleh pengguna agar tetap awet serta tahan lama. Mengingat harga laptop yang cukup mahal sehingga perawatan pun tentu harus diperhatikan dengan baik dan benar.

Tak dapat dipungkiri keawetan atau ketahanan dari perangkat laptop memang tergantung dengan merk yang dibeli, namun tetap saja faktor perawatan juga menjadi faktor penting laptop menjadi awet tahan lama. Oleh karena itu berikut adalah beberapa cara merawat laptop yang ampuh membuat laptop dapat bertahan lama meski digunakan setiap hari.

Cara Merawat Laptop 1# Mematikan Laptop Sesuai Dengan Ketentuan yang Berlaku 


Cara Merawat Laptop 1# Mematikan Laptop Sesuai Dengan Ketentuan yang Berlaku
Untuk menjaga laptop tetap dalam kondisi baik dan memiliki performa yang tangguh maka biasakan untuk mematikan laptop sesuai dengan ketentuan yang ada. Jangan mematikkannya dengan menekan tombol shut down begitu saja atau mencabut kabel ketika laptop di charge. Karena jika hal ini dilakukan terus menerus maka akan berakibat buruk pada laptop. Matikan laptop dengan cara mengklik tombol shut down pada layar laptop anda. Selain itu jika anda sudah menggunakan laptop terlalu lama, maka anda dapat merestartnya terlebih dahulu sebelum mematikannya. Hal ini karena jika dipakai terlalu lama maka sistem pada laptop akan melemah.

Cara Merawat Laptop 2# Aktifkan Sistem Restore Laptop  


Salah satu upaya untuk menjaga agar laptop tetap awet dan tahan lama adalah dengan mengaktifkan sistem restroe. Hal ini dapat anda lakukan dengan menekan klik kanan pada icon my desktop computer, kemudian selanjutnya pilih properties Tab Sistem Restore dan carilah tuisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, hilangkanlah sinyal centang pada samping kiri tuisan tersebut.

Cara Merawat Laptop 3# Uninstal Program yang Sudah Tak Digunakan


Cara Merawat Laptop 3# Uninstal Program yang Sudah Tak Digunakan
Ruang pada hardisk sangat mempengaruhi keawetan yang dimiliki oleh perangkat laptop. Jika anda terlalu banyak menyimpan aplikasi maka ruang penyimpanan anda akan tersita banyak dan akhirnya membuat laptop bekerja dengan sangat lambat. Hal ini lantaran beban hardisk untuk melakukan sistem read/write semakin berat dan membuat hardisk berpotensi untuk cepat rusak. Ketika ruang penyimpanan anda sudah penuh , Bagi anda pengguna sistem operasi windows biasanya anda akan diingatkan dengan adanya sebuah warning bahwa space hardiks telah penuh dan tak mampu lagi untuk menyimpan file dengan ukuran besar mauun kecil.

Cara Merawat Laptop 4# Perhatikan Ventilasi dan Pendingin Komputer 


Penyaluran udara atau sistem ventilasi yang kurang pada laptop akan berdampak buruk pada kinerja laptop dan ketahannanya. Hal ni lantaran jika ventilasi yak bekerja dengan baik maka mesin atau komponen bagian dalam laptop akan sangat cepat untuk panas. Nah panas ini lah yang membuat komponen menjadi cepat rusak. Sehingga pastikan jarak pada computer dengan dinding minimum adalah 40 CM. Jika anda memiliki budget yang lebih maka akan lebih baik jika anda memasang AC pada ruangan yang sering anda gunakan untuk mengoperasikan laptop. Apabila anda hanya memiliki budget pas - pas an anda juga dapat membeli kipas pendingin laptop yang banyak di jual dipasaran.

Cara Merawat Laptop 5# Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur 


Cara Merawat Laptop 5# Jangan Menggunakan Laptop di Atas Kasur
Tak sedikit pengguna laptop yang sangat asik menggunakan laptop diatas kasur. Tahukan anda jika kebiasaan ini merupakan kebiasaan yang buruk dan memicu laptop menjadi lebih cepat rusak. Pada dasarnya kasur adalah benda yang memiliki tekstur yang empuk juga lembut dan sangat efektif untuk menyerap panas, sedangkan yang dibutuhkan oleh laptop adalah alas yang bisa membuang udara panas yang dikeluarkannya. Hal ini tentu saja sangat berbanding terbalik dengan apa yang seharusnya terjadi, ketika anda menggunakan laptop diatas kasur yang terjadi adalah panas yang dikeluarkan oleh laptop akan kembali diserap oleh komponen laptop dan hal tersebut membuat komponen menjadi lebih cepat rusak. Oleh karena itu sebisa mungkin hindarilah penggunaan laptop diatas kasur.

Cara Merawat Laptop 6# Jangan Meletakkan Benda Berat di Atas Laptop 


Ketika anda meletakkan benda berat di atas laptop meski dalam keadaan laptop tertutup sekalipun tentu saja akan berakibat buruk pada LCD laptop dan memungkinkan adanya kerusakan. Biasanya ketika LCD laptop rusak tanda awal yang ditunjukkannya adalah adanya garis-garis layaknya layar televisi yang sedang buram. Namun jika kondisi LCD anda sudah rusak berat maka laptop anda akan mati secara keseluruhan dan tak bisa dinyalakan. Oleh karena itu perhatikan barang apapun yang ada di atas laptop anda.

Cara Merawat Laptop 7# Menempatkan Baterai Ketika Laptop Dioperasikan 


Pada laptop keluaran tahun 2005 baterai yang dimiliki akan sangat mudah mengembung ketika menggunakan laptop dalam kondisi di Charge. Hal ini kahirnya menimbulkan sebuah kerusakan pada baterai dan terpaksa pengguna laptop harus menggantinya dengan yang baru atau hanya mengandalkan charger listrik. Akan tetapi laptop keluaran terbaru beberapa tahun belakangan ini sama sekali tak bermasalah ketika mengoperasikan laptop dalam keadaan batrai di charge. Tak ada kemungkinan batrai akan mengembung. Hanya saja pastikan ketika baterai sudah penuh anda langsung mencabut charge. Selain itu jangan pernah mengoperasikan laptop dalam keadaan tanpa baterai dan hanya mengandalkan charge listrik. Hal ini lantaran ketika listrik tiba-tiba mati maka laptop anda juga akan mati begitu saja. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk pada komponen laptop anda jika dilakukan secara terus menerus.

Cara Merawat Laptop 8# Bersihkan Debu Pada Laptop Dengan Rutin 


Terkadang orang malas untuk membersihkan debu pada laptop. Namun kegiatan membersihkan debu pada laptop justru menjadi cara ampuh agar leptop tetap awet dan tahan lama. Hal ini lantaran jika debu yang hinggap di laptop sudah sangat banyak tak menutup kemungkinan debu tersebut dapat menghambat saluran pembuangan hawa sehingga akan menimbulkan sebuah masalah yang cukup parah dan fatal. Oleh karena itu mulai dari sekarang berlatihlah untuk membersihkan debu pada laptop dengan rutin.

Cara Merawat Laptop 9# Jauhkan Benda Cair dari Laptop 


Cara Merawat Laptop 9# Jauhkan Benda Cair dari Laptop
Benda cair memang dapat membuat semua perangkat elektronik menjadi lebih cepat rusak tak terkecuali laptop. Bahkan laptop yang terkena benda cair dan tak ditangani dengat tepat dapat membuat laptop menjadi rusak parah dan tak bisa diperbaiki lagi. Tentu saja anda tak ingin mengalami hal tersebut. Oleh karena itu pastikan laptop anda berada jauh dari benda benda cair yang memiliki kemungkinan tumpah di laptop anda. Jika laptop anda sudah terlanjur terkena air, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah secepat mungkin mematikan laptop dan melepas baterainya baru setelah itu keringkan. Jika sudah benar benar kering maka pasang kembali baterai dan cobalah untuk menyalakannya. Jika berhasil maka mungkin laptop anda masih bisa diselamatkan.

10# Jangan Gunakan Laptop Hingga Baterai 0% 


Jika anda terlalu sering menggunakan baterai hingga 0% maka akan membuat potensi laptop anda rusak semakin besar. Biasakan untuk mencharge baterai sebelum 0%. Anda bisa melakukan penyetingan pada laptop agar laptop mati ketika baterai mendekatu 0%.

Cara Merawat Laptop 11# Non aktifkan Perangkat Eksternal yang Tak Diperlukan 


Dengan mengaktifkan piranti eksternal yang tak dibutuhkan seperti USB Flash Drive, WiFi, atau piranti lainnya akan menguras daya baterai laptop menjadi lebih cepat. Untuk menghemat daya dan menjaga betari tetap awet anda dapat memastikan piranti ekternal yang tak dipakai dapat di nonaktifkan.

Selain cara - cara yang telah dijelaskan diatas masih banyak cara yang dapat digunakan untuk merawat laptop agar tetap awet dan tahan lama yakni mulai dari menjauhkan benda benda magnet dari laptop, mengatur tingkat kecerahan, hingga memastikan bahwa alas laptop memiliki permukaan yang datar dan masih banyak lagi. Perawatan tak hanya berlaku pada 1 komponen saja melainkan semua komponen pada laptop. Hal ini lantaran setiap komponen memiliki fungsi masing - masing yang penting. Oleh karena itu jika ingin memiliki laptop yang awet dan tahan lama jangan pernah melupakan perawatan dan beberapa hal yang penting terkait faktor kerusakan laptop. Selain informasi cara merawat laptop ini, anda bisa membaca informasi lainnya seperti cara merawat baterai laptop atau cara merawat hardisk laptop.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet (Terbukti)

0 komentar:

Post a Comment